Minggu, 10 Juli 2011

Blogger / Blogspot dihapus ???

Share
judul yang mengejutkan. Tapi setelah di simak berita yang ditulis mashable itu, google bukannlah menghapus layanan tersebut, tetapi menggantinya dengan nama lain. Disana disebutkan bahwa ada kemungkinan picasa akan berganti nama menjadi googlephoto dan blogspot menjadi googleblog. Kelihatannya google tidak setengah-setengah dalam meluncurkan google+ sebagai layanan terintegrasi. Merubah semua secara besar2an, mengganti namanya dengan nama yang lebih meng“google”


Blogspot Dihapus ?

Blogspot/Blogger Segera Dihapus Google ? - www.iniunik.web.id
Tentu ini menjadi pertanyaan dari kita sebagai pemakai blogspot, karena kita tau blogspot adalah salah satu layanan penyedia blog terbesar selain wordpress dan lainnya. Blogspot sendiri sebenarnya bukanlah layanan asli dari google. Tetapi Blogspot adalah merupakan hasil akuisisi google dari perusahaan lain.

Apakah blogspost akan dihapus? Kalo kita dilihat dari tingkat kepopulerannya sepertinya tidak, tapi kalo dilihat dari cara google mengambil keputusan maka bisa juga iya. Semua kembali lagi kepada  google yang kita tidak tau apa yang mereka pikirkan. Sama seperti algoritma pencarian google, tidak ada seorangpun yang tau apa yang mereka pikirkan kecuali Tuhan dan google sendiri.

Efek jika blogspot dihapus

Kemungkinan tidak dihapus tapi diganti namanya. Efeknya jelas ada, karena dengan penggantian nama ini apalagi jika yang diganti adalah domainnya. Beberapa hal yang kan bisa terjadi dengan penggantian nama ini adalah

1. Permalink

sudah sangat jelas pemalink akan berubah. Hal ini sangat krusial untuk pemain SEO dan pencari dollar yang menggunakan blogspot sebagai basis blognya. Akan banyak kegagalan url tujuan. Kegagalan ini otomatis akan meningkatkan jumlah url yang tidak ditemukan di google webmaster. Denga tingkat kegagalan pencarian url yang tinggi, otomatis akan mempengaruhi popularitas blog tersebut baik di mata pembaca maupun dimata mesin pencari

2. Backlink

Buat pemain seo, backlink sangatlah penting walaupun secara exact penghitungan backlink pada algoritma panda masih teka teki. Dengan berubahnya url tentu pemain seo akan kehilangan backlink karena link in tidak menemukan alamat tersebut. sebagai contoh:

backlink pada blog www.iheboh.blogspot.com tidak bisa menjadi backlink pada www.iheboh.googleblog.com. Link in tidak mempunyai kemampuan redirect atau mengubah arah tujuan. Link in adalah link pasif yang hanya akan menuju pada alamat yang tertulis pada url.

3. Branding

Untuk para marketer yang menggunakan blogspot sebagai alamat dimana mereka mempromosikan produknya tentu harus merubah alamat url mereka untuk jangka waktu panjang. Jika memang terjadi penggantian nama otomatis mereka harus juga mengganti nama alamat web mereka.

Lebih baik sat ini kita jangan kuatir dulu dengan berita yang berkembang mengenai hal ini. Google adalah layanan nomor 1 di dunia dengan karyawan yang bisa dibilang “ahlinya ahli” dibidangnya. Google tentu sudah memikirkan ini semua dan tentunya akan mencari cara yang paling optimal dan minim “kerusakan“. Kalaupun nantinya blogspot dihapus dan diganti dengan nama lain tentu google tidak akan gegabah dengan sistem migrasinya. Google juga tidak mau di cap otoriter dengan semena-mena melakukan perubahan, paling tidak mereka pasti akan memberikan sosialisasi dan solusi baik dalam hal teknis maupun penambahan manfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Random Posts

Entri Populer