Kamis, 25 Agustus 2011

Foto Pertama : Lubang Hitam Raksasa Menghancurkan dan Menelan Sebuah Bintang

Sebuah jet kosmik yang  menakjubkan dari lubang  hitam raksasa yang  mengancurkan kemudian  menelan sebuah bintang,  berhasil diabadikan oleh  para astronom untuk pertama  kalinya.
Peristiwa langka dari salah  satu kekuatan paling kuat di  alam semesta ini,  menunjukkan aliran plasma  mengalir keluar dari lubang  hitam raksasa, di sebuah  galaksi yang jauhnya hampir  empat milyar tahun cahaya  dari Bumi.
Dalam foto ini terlihat  sebuah pemandangan  spektakular, dimana puing- puing bintang ditelan oleh  lubang hitam yang sebelumnya  belum pernah diamati para  astronom.
black hole swallowed a star
Kebanyakan galaksi mempunyai  lubang hitam super besar,  atau sebuah wilayah ruang  angkasa yang menyedot segala  sesuatu didekatnya dengan  gaya tarik gravitasi mereka  yang kuat. Dan pada inti  lubang hitam ini terdapat  jutaan atau bahkan milyaran  matahari.
Penghancuran bintang itu  terlihat oleh Teleskop Swift  pada Maret, setelah  mengembara terlalu dekat  dengan lubang hitam  tersebut.
Dr David Burrows dan tim  ilmuwan di Pennsylvania  State University mengatakan  analisis kimia dari  pertunjukan sinar  ultraviolet tersebut berasal  dari bahan yang tersedot ke  lubang hitam berukuran  jutaan matahari.
"Kami menyimpulkan telah  menangkap permulaan  aktivitas jet relativistik  dari lubang hitam super  besar." tulis grup tersebut.
Peristiwa sebuah bintang  ditelan oleh lubang hitam  hanya terjadi sekali setiap  seratus juta tahun dalam  sebuah galaksi. Lubang hitam  tersebut sekarang diyakini  menjadi lebih kuat karena  massa tambahan dari bintang  yang tertelan.
»»  READMORE...

Kota Unik dibangun dari Kontainer Di Mexico


Spoiler:


Nah, yang di Mexico ini cukup menarik di tengok. Kota container ini berada di Cholula, luar kota Mexico, dibangun oleh pengembang yang kreatif. Seperti kota-kota kecil umumnya, maka kota container ini terbilang cukup lengkap. Di sana ada pemukiman penduduk, rumah makan, bar, pertokoan, tempat-tempat hiburan, dll. Semuanya terbuat dari container.

Spoiler:


Spoiler:


Pengembang menggunakan lahan 4500 sq meter untuk membangunnya. Kontainer-container bekas itu, kemudian dicat dengan warna-warni cerah, ditata sebagaian untuk rumah tinggal, sebagian untuk layanan public.

Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:
»»  READMORE...

Inilah Malfungsi Otak dan Kelainan yang Paling Mengganggu Penderitanya


http://koranbaru.com/wp-content/uploads/2011/08/f3d7_1767409.jpg

Berikut kelainan-kelainan otak yang akan mengejutkan Anda:

1. Sindrom Fregoli

Bayangkan Anda sedang berargumen dengan teman sekamar yang menyebalkan mengenai uang sewa yang belum dibayar. Untuk melepaskan tekanan, Anda menghubungi pacar namun saat menelpon, Anda mendengar teman sekamar memanggil pacar Anda 'sayang'. Saat ke luar kamar, teman sekamar Anda mengejek dari pekarangan tetangga.

Karena marah, pergi ke bar setempat untuk minum-minuman dan ternyata dituangkan teman sekamar Anda itu. Pada 10 menit kemudian, Anda mendapati diri Anda sedang dipeluk teman sekamar yang menyebalkan itu.

Kondisi ini disebut sindrom fregoli, membuat semua orang yang Anda temui hari itu menjadi orang yang sama. Kelainan ini muncul dalam tingkat keparahan berbeda. Terkadang, penderita tak tahu pasti siapa yang mengawasinya namun semua orang tampak tak asing.

Hal ini terasa seperti terbangun di satu kota yang dipenuhi teman SMA yang jarang Anda ajak bicara. Penderita sindrom ini akan menghampiri semua orang dan menanyakan tempat mereka bertemu pertama kali. Selain itu, jika sindrom ini dipadukan kelainan lain, hasilnya bisa mengejutkan.

Misalnya, wanita terdiagnosa menderita schizophrenia dan erotomania, memiliki keyakinan bahwa orang lain mencintai dia padahal sebaliknya. Wanita ini akan yakin, aktor Leonardo DiCaprio jatuh cinta padanya dan berkomunikasi dengannya secara telepati dan selalu menyamar untuk menemuinya tiap hari.



2. Salah identifikasi diri dalam cermin

Anda terbangun di tengah malam dan pergi ke kamar mandi. Saat melihat kaca, Anda menemukan bayangan orang lain di dalamnya.

Kondisinya, penderita kelainan ini mengalami kerusakan bagian otak yang bertugas memahami cara kerja refleksi.

Jadi, saat mereka melihat kaca, otak mengatakan Anda sedang melihat orang asing melalui jendela. Kelainan ini kebanyakan muncul pada pasien Alzheimer. Bahkan, penderita ini akan mencoba berbicara dengan refleksinya.



3. Agnosia Visual

Saat pergi ke toko sayur, Anda menyadari ada yang aneh. Semua produk bisa berteriak dan melawan saat akan dimasukkan ke keranjang belanja. Parahnya, saat di kasir, pot tanaman bertanya pada Anda akan membayar tunai atau tidak.

Kondisinya, Agnosia Visual disebabkan disfungsi beberapa area pemroses visual otak. Hasilnya, Anda tak bisa secara benar mengenali barang.

Untungnya, kelainan ini hanya sebatas visual. Penderita tetap memiliki kemampuan mengidentifikasi benda menggunakan indera lainnya.



4. Somatoparaphrenia

Saat sedang menikmati kopi di pagi hari, hidung Anda terasa gatal dan tiba-tiba ada seseorang menggarukkannya.

Kemudian, orang ini meminumkan kopi yang ada pada Anda. Anda pun mulai bertanya siapa orang ini padahal Anda tinggal sendiri. Kemudian, Anda menyadari tangan lain yang melakukan semua ini.

Kondisinya, penderita ini mengalami kerusakan otak di bagian homunculus atau 'peta tubuh'. Otak bagian ini yang mengkatalog semua bagian tubuh dan membuat Anda tahu letak semua bagian tubuh Anda itu.

Dalam beberapa kasus, pengalaman memiliki bagian tubuh orang lain ini sangat menekan. Bahkan, penderita akan mencoba memotong bagian tubuh itu. Pada 1997, seorang pria menemui dokter bedah Robert Smith dan memintanya untuk mengamputasi kaki kirinya.



5. Anosognosia

Bayangkan Anda habis kecelakaan dan dirawat di rumah sakit. Anda tahu diri Anda tidak apa-apa, namun dokter selalu memberi resep. Saat dokter meminta menggerakkan kaki dan Anda merasa sudah menggerakkannya, dokter malah mengatakan Anda tak bisa berjalan lagi seumur hidup.

Kondisinya, kelainan ini merupakan khayalan yang diderita orang lumpuh yang sebenarnya tidak lumpuh. Menurut hasil studi, lebih dari setengah penderita Hemiplegia (lumpuh separuh karena stroke) menderita kelainan ini. Kita tak sedang membahas orang yang sedang dalam penolakan menjadi lumpuh.

Penderita mengalami kerusakan Korteks Parietal, area otak yang bertanggung jawab menjaga kesadaran pada persepsi, gerakan dan sensasi tubuh. Pasien penderita kelainan ini tak mampu menggerakkan anggota badannya bukan karena tak bisa melainkan karena tak mau.



6. Prosopagnosia

Bayangkan sedang berjalan menuruni tangga rumah dan begitu sampai di bawah Anda merasa tak yakin dengan siapa saja yang ada di dalam rumah. Semua orang menjadi orang yang benar-benar asing bagi Anda meski sebenarnya Anda tiap hari melihatnya, bahkan selama bertahun-tahun.

Kondisinya, kelainan ini tak mampu mengenali wajah. Terdapat perbedaan tingkatan kelainan ini. Sekitar 2% populasi manusia memiliki kelainan ini dimana kondisi ini sering disertai spectrum autisme.

Kelainan ini seperti saat Anda bertemu seseorang di sebuah pesta namun saat berjabat tangan dengannya lagi, Anda sulit mengenalinya.

Penderita kelainan ini mengalaminya tiap bertemu orang. Namun, penderita kelainan ini memiliki cara tersendiri dalam mengenali orang, yakni dengan mengingat fitur nyata seseorang.

»»  READMORE...

10 Kebohongan Yang Sering Diucapkan Pria


Sebuah studi yang dilangsungkan oleh London's Science Museum menemukan bahwa rata-rata pria mengucap 1.092 kebohongan setiap tahun atau sekitar tiga kali per hari. Sementara wanita umumnya berbohong sekitar 728 kali per tahun atau sekitar dua kali sehari.
Di negara asal studi ini dilangsungkan, pria berbohong mengenai kebiasaan tak sehat mereka, sementara wanita berbohong tentang keadaannya dengan kalimat "Aku nggakkenapa-kenapa, kok" atau "Aku baik-baik aja." Padahal, kenyataannya kebalikannya.

Menurut salah seorang dari tim peneliti itu, Katie Maggs, berbohong merupakan bagian dari interaksi sosial kita. "Berbohong menjadi hal yang tak terhindarkan dalam keseharian manusia dan bisa jadi merupakan bagian yang penting dalam interaksi sosial kita," ia menjelaskan.

Namun, belum diketahui apakah kebiasaan berbohong itu merupakan hasil dari gen, evolusi, atau cara kita dibesarkan. Dari sekitar 3.000 relawan diketahui, kita paling sering berbohong kepada ibu kita. Sebanyak 25 persen pria dan 20 persen wanita mengakui hal ini. Mengenai kebohongan itu juga, 82 persen wanita merasa termakan rasa bersalah akibat kebohongan yang mereka ucapkan. Sementara hanya 70 persen pria yang merasa bersalah dari kebohongan mereka.

Apa saja sih kebohongan yang paling sering diucapkan pria kepada pasangannya? Berikut ini di antaranya:
1. Saya enggak banyak minum/merokok/kebiasaan buruk yang ia janji hentikan.
2. Enggak ada yang salah. Saya baik-baik saja.
3. Duh, sinyalnya buruk, nih.
4. Enggak terlalu mahal, kok.
5. Saya sudah di jalan.
6. Saya kejebak macet.
7. Enggak, kok, kamu enggak kelihatan gemuk.
8. Maaf, telepon kamu enggak kedengaran.
9. Kamu kelihatan kurusan.
10. Saya suka hadiah kamu, saya memang kepengin itu.

Bagaimana dengan wanita? Ini daftarnya:
1. Tidak ada yang salah, kok. Saya baik-baik saja.
2. Saya enggak tahu barang itu di mana, saya enggak pegang, kok.
3. Enggak terlalu mahal, kok.
4. Saya enggak banyak minum/merokok/kebiasaan buruk yang ia janji hentikan.
5. Saya lagi pusing.
6. Tadi lagi sale.
7. Saya sudah di jalan.
8. Wah, saya sudah punya barang itu sejak lama.
9. Saya enggak buang, kok.
10. Saya suka hadiah kamu, saya memang kepingin itu.
»»  READMORE...

Efek Perubahan Setelah Punya Pacar


http://faktabukanopini.blogspot.com/

1.akan selalu dekat dengan yang namanya hp
http://faktabukanopini.blogspot.com/
ini kayanya perubahan yang paling mencolok deh kalo orang udah punya yang namanya pacar
tiap waktu ,tiap menit , tiap detik , tiap hembusan nafas,tiap apalagi yah
mesti dah ada bunyi dari hape
tereteretetttt Isinya
ada pesan dari ******
dan di waktu itu juga langsung di bales tuh sms
kalo lagi banyak pulsa , dapet bonusan biasanya sih gk sms
langsung aja dah telpon
2.bajet pengeluaran membengkak
http://faktabukanopini.blogspot.com/
gimana gk membengkak Uang buat beli pulsa ,beli makanan buat nge date ,beli hadiah buat sang pacar
Ntar kalo gk keturutan ,takut diputusin pacar
3.terjadi perubahan sifat atau karakter
http://faktabukanopini.blogspot.com/
ini juga nih yang ane liat di temen ane
dulu pas belum punya pacar sifatnya gk kaya sekarang
jadi tambah pede sama berani
Apalagi kalo ada pacarnya
4.jadi sensi bgt
http://faktabukanopini.blogspot.com/
ini juga yang ane liat dari temen ane nih
masa pacarnya yang cowo di godain sama cowo
gitu aja langsung esmosi
5.kemana mana bareng
http://faktabukanopini.blogspot.com/
ya elah , di sekolah ane orang yang udah punya pacar ,masa kemana mana bareng sih ,,tapi gapapa namanya juga pacar
jangan jangan nanti ke wc juga bareng


»»  READMORE...

Fase Paling Berbahaya di Usia 14 Tahun


Hasil riset yang digagas University College London (UCL) menyebutkan, terutama remaja usia 14 tahun dalam fase paling berbahaya ketika individu menginjak usia remaja.
Riset itu mengungkapkan diusia 14 tahun, sebagian remaja mulai gemar mengkonsumsi minuman keras, obat-obatan terlarang dan berprilaku seks tak sehat. Kecenderung macam itu dinilai peneliti lantaran kondisi remaja saat itu cenderung senang mengambil resiko.

Riset yang melibatkan 86 remaja dan laki-laki dewasa dengan rentang usia 9 hingga 35 tahun dan gemar bermain game komputer ini juga mengungkapkan remaja diusia 14 tahun, bukanlah seperti kebanyakan anak muda lain.

Mereka begitu senang mengabaikan pro dan kontra atas tindakan yang mereka lakukan, dan yang terpenting buat mereka adalah mengambil kesempatan untuk memperoleh kesenangan berlebih ketimbang mereka bermain hal-hal yang aman.

Pakar Syaraf dari University College London (UCL), Dr Stephanie Burnett mengatakan alasan utama remaja mengambil resiko tidaklah disertai pertimbangan konsekuensi atas apa yang dilakukan."Itu sebabnya, mereka cenderung memilih resiko tersebut," tukasnya seperti dikutip dari Telegraph.co.uk.

Ia berpendapat riset ini merupakan bukti dari hasil laboratorium yang menyatakan remaja tanggung senang mengambil resiko. "Kita satu langkah didepan untuk mengetahui mengapa remaja terlibat dalam prilaku berbahaya seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang serta prilaku seks tak sehat," ujarnya.

Sebelumnya, masing-masing relawan diminta untuk meainkan satu buah game komputer. Selama berjalannya permainan itu, mereka diharuskan membuat keputusan untuk memenangkan poin demi poin. Setelah itu, satu peneliti akan menganalisa respon emosional masing-masing dengan merekam tingkat kepuasan atau ketidakpuasaan yang dialami relawan.

Hasilnya, mereka menemukan adanya pertambahan kesenangan ketika meraka merasa menang atau lolos dari kondisi sulit. Terkait hal itu, Dr Burnett berpendapat dalam game yang dimainkan, setiap relawan diberikan kesempatan kecil untuk memenangkan banyak uang atau opsi aman berupa memenangkan sedikit uang." Kami menemukan, remaja begitu siap mengambil risiko sekalipun mereka tidak peduli dengan konseskuensinya," ujarnya.

Burnett menambahkan, pada usia remaja, otak mereka tengah berkembang. Secara otomatis, dopamin selaku hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus membantu kita merasakan kesenangan ataupun sebaliknya. "Remaja begitu senang berteriak di taman dan inilah langkah awal untuk memahami mengapa,"ungkapnya.

Sebab itu, ia menyarankan agar orang tua harus mendidik dengan cara yang berbeda. Termasuk cara untuk mencegah remaja terjerumus dari bahaya mengkonsumsi alkohol, obat-obatan terlarang serta aktivitas yang merusak. "Menceritakan kepada mereka sesuatu yang berbahaya dapat memberi harapan mereka untuk melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan dan sekarang kita mengetahui mengapa harus demikian," tambahnya.

Sementara itu, wakil ketua tim peneliti, Dr Sarah-Jayne Blakemore, yang juga pakar syaraf dari UCL berpendapat tindak tanduk dari remaja menandakan ledakan dari aktivitas berbahaya. Mulai dari berkendara secara ugal-ugalan, prilaku seks tak sehat dan mulai bereksperimen dengan alkohol, pola makan tak teratur serta malas berolahraga.

"Semua hal itu berkontribusi terhadap pembentukan sebuah pradoks dari kesehatan remaja, dimana puncak dari paradoks itu adalah tingginya angka kematian dan minimnya tingkat kesehatan remaja. Itulah mengapa, remaja lebih memilih mengambil resiko dimana harusnya terdapat intervensi penting oleh layanan kesehatan dan keluarga, " tutupnya.
»»  READMORE...

Hadapi Wabah Tikus, Cina Gunakan Kucing Liar

kucing lucuBeijing – Kucing liar di daerah terpencil di barat kota Cina, ditangkapi guna membasmi hama tikus yang merajalela di padang rumput sekitarnya.
Sebanyak 150 ekor kucing liar yang dijuluki oleh media Cina sebagai "tentara kucing" dilepaskan pada sebuah kawasan di luar kota Bole pada Mei untuk melawan wabah tikus. Sementara itu Xinhua News Agency mengatakan bahwa kucing-kucing tersebut dibawa  bersama pelet racun tikus dengan jumalah ber ton-ton.
Pemerintah Bole mengatakan  pada akhir Juni bahwa lubang tikus telah menurun lebih  dari setengah. Sedangkan  menurut laporan Xinhua pada  Jumat mengutip seorang  pejabat Bole yang mengatakan  bahwa menggunakan kucing  terbukti sangat efektif.
Hewan pengerat dan hama  lainnya telah berkembang  biak diluar kontrol dan  menimbulkan masalah pada  padang rumput yang luas  tersebut. Ini terjadi akibat  dari penggembalaan ternak  yang berlebihan dan  pembunuhan predator  tradisional seperti rubah.
»»  READMORE...

Ferrari Langka Buatan 1957 Terjual Rp139 Miliar


Foto Ferrari Langka
Ferarri berjenis 250 Testa Rossa ini terjual dengan rekor tertinggi pada sebuah lelang di Pebble Beach, California, Amerika Serikat, Minggu, 21 Agustus 2011. Mobil balap tersebut awalnya dibuka dengan harga 14,9 juta dollar AS (setara Rp 127 miliar), tetapi akhirnya terjual dengan harga 16,39 juta dollar AS atau setara Rp 139 miliar. Namun, nama pembeli tidak disebutkan.

Lelang tersebut dilaksanakan dalam acara Gooding & Company 2011 Pebble Beach Auction. Menurut Forbes, Ferrari ini begitu bernilai karena ia merupakan prototipe dari jajaran tipe Testa Rossa yang merupakan jawara dalam sejarah balapan Le Mans.

Mobil ini dipasangi mesin V-12 versi klasik. Adapun bagian sepatbornya yang khas merupakan garapan Scaglietti, yang terinspirasi bentuk mobil F1 awal. Dalam sejarahnya, mobil ini pernah terbakar dua kali dalam ajang balap 24 jam Le Mans pada tahun 1958.

Meski harganya Rp 139 miliar dan berada pada level tinggi untuk sebuah koleksi mobil-mobil langka, rupanya mobil yang disebut sebagai prototipe pertama untuk tipe tersebut bukanlah yang termahal di dunia. Pasalnya, dalam ajang lelang yang sama, Motorauthority mengatakan bahwa sebuah Bugatti Type 57SC Atlantic produksi 1936 pernah terjual dengan harga 30 juta dollar AS atau nyaris dua kali lipat dari Ferrari langka tersebut.

»»  READMORE...

Tips Cara Berhenti Merokok

http://1.bp.blogspot.com/_PH4ITgRPo2k/TPenoIiHAzI/AAAAAAAAAlQ/h5YQo1OQcjk/s1600/no-smoking-sign-4.jpg

1. Tahu alasan berhenti merokok
Jika Anda ingin berhenti dari kebiasaan merokok, Anda harus tahu alasannya. Apakah itu karena dampak buruk yang dibawa oleh rokok, ingin terlihat lebih muda atau karena ingin melindungi keluarga dari asap rokok. Pilih alasan yang sangat kuat untuk bisa mengalahkan godaan merokok.

2. Jangan anggap remeh
Mungkin berhenti merokok terdengar mudah. Anda hanya perlu membuag semua rokok yang telah dibeli dan menahan diri untuk tak membelinya kembali. Sayangnya menghentikan kebiasaan ini tak semudah yang dikira. Sebanyak 95 persen orang yang mencoba untuk berhenti tanpa terapi atau pengobatan, akhirnya malah kembali merokok. Alasannya adalah ketergantungan yang ditimbulkan oleh nikotin. Otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan membutuhkannya tiap saat.

3. Lakukan terapi nikotin
Ketika Anda berhenti merokok, nikotin bisa membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Terapi pengganti nikotin bisa bantu atasi masalah ini. Studi menunjukkan permen karet nikotin dan lozenges bisa bantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti dari rokok, bila dilakukan secara intensif. Namun hati-hati, penggunaan produk seperti ini sambil merokok tidak dianjurkan.

4. Tanya obat resep
Untuk mempermudah mengatasi kecanduan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan pada dokter apakah ada pil yang boleh Anda konsumsi. Ada beberapa obat yang bantu mengurangi rasa lapar dengan memengaruhi zat kimia dalam otak. Obat itu juga akan membuat Anda terpuaskan walau hanya menghisap sedikit rokok saja. Ada juga beberapa obat lainnya yang mengurangi gejala nikotin seperti depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.

5. Minta bantuan orang terdekat
Beritahu keluarga, teman dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok. Bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan konselor juga bisa dijadikan salah satu alternatif. Dorongan mereka tentu memberikan peluang besar bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini.

6. Kontrol stres dengan benar
Salah satu alasan orang merokok adalah, nikotin bisa membantu seseorang untuk lebih rileks. Setelah berhenti merokok, Anda harus menemukan cara lain untuk mengatasi stres, misalnya dengan dipijat, mendengarkan musik santai, atau mengikuti kelas yoga. Jika mungkin, sebaiknya hindari situasi stres pada minggu pertama ketika Anda mulai berhenti merokok.
7. Hindari alkohol dan pemicu merokok lainnya
Kegiatan tertentu dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok. Alkohol merupakan salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk menguranginya. Jika kopi membuat Anda ingin merokok, beralihlah pada teh selama beberapa minggu. Dan jika Anda terbiasa merokok setelah makan, temukan cara lain untuk menghindarinya misalnya seperti mengunyah permen karet atau menyikat gigi.
»»  READMORE...

Jessica Iskandar Pacaran dengan Olga Saputra

Akhir-akhir ini beredar gosip Jessica Iskandar menjalin kasih dengan rekannya di Dahsyat, Olga Syahputra. Saat dikonfirmasi, Jessica tidak menampik kabar itu.

Aktris yang melejit lewat film Dealova ini tersipu malu saat diminta komentar terkait gosip cinta lokasi dengan presenter sekaligus komedian itu.

"Ada deh. Ntar aja deh, harus dia sendiri yang ngomong. Ya, ada deh," ujar Jessica tersipu saat ditemui di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (29/7/2011).

Jessica akhirnya tak bisa menyembunyikan isi hatinya. Jessica mengaku, memiliki rasa sayang terhadap Olga. "Aku sayang kak Olga," katanya.

Di mata Jessica, Olga adalah sosok pria baik dan memiliki sifat penyayang terhadap semua orang. Terutama terhadapnya "Kak Olga itu orang yang sangat baik sekali. Lucu dan sayang sama semua orang. Pokoknya, ada deh," paparnya sambil meninggalkan pewarta.

»»  READMORE...

Derby Romero Kepergok Merokok Bersama Gita Gutawa

Melalui akun twitter resmi pemilik nama Aluna Sagita Gutawa, @gitagut, Gita meluapkan keluh kesahnya. "Kenapa sifat manusia senang men-judge seseorang dan merasa dirinya yang paling tahu dan paling benar?," tweet Gita, Jumat (5/8/2011)sekira pukul 10.00 WIB.
Alhasil posting pertama penembang lagu Dubidubidu itu langsung mendapat respons dari sahabat, penggemar, dan rekan sesama artis seperti penyanyi Nindy dan Adly Fairuz. Selain banyak yang mendukung, tak sedikit yang mencibir.

"@gitagut mungkin karena egonya lebih tinggi daripada rasa saling mengisi," tweet pengguna twitter @ghacounthf.

"@gitagut hahaha pasti soal foto itu ya Git. Tinggal konfimasi saja foto itu benar apa salah. Good luck deh buat kariernya." tulis pemilik akun @ErlanggaG.

Tak berselang lama dari posting pertama, Gita kembali menuliskan rangkaian kata yang memohon agar orang yang tidak menggenalnya tidak berkomentar menjelek-jelekkan.

"Alangkah baiknya jika Anda semua berpikir dulu. Apakah Anda yakin telah benar-benar mengenal saya seutuhnya?," tulis Gita.

Tweet kekasih Derby Romero itu langsung disambut dingin followers-nya. Tampaknya, follower Gita kadung kecewa melihat tingkah polah Gita yang selama ini terkesan baik dan alim. "Teriakan2 org yg tertangkap basah,, #klise," sahut @fiqriputra, menanggapi tweet Gita.

Seperti diketahui, beredar foto Gita dan Derby tengah duduk di sofa sambil tangan masing-masing memegang sebatang rokok. Gita mengenakan dress mini warna hitam berbelahan dada rendah. Foto itu ditanggapi dingin oleh Derby. "Bukan suatu yang besar juga. Lagipula foto itu enggak ngapa-ngapain juga," tutur Derby yang ditemui di sela syuting video klip di Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (03/7/2011).
»»  READMORE...

Processor Berbahan Pasir




Setelah memperoleh mentahan dari pasir dan memisahkan silikonnya, materiil yang kelebihan dibuang. Lalu, silikon dimurnikan secara bertahap hingga mencapai kualitas 'semiconductor manufacturing quality', atau biasa disebut 'electronic grade silicon'. Pemurnian ini menghasilkan sesuatu yang sangat dahsyat dimana 'electronic grade silicon' hanya boleh memiliki satu 'alien atom' di tiap satu milyar atom silikon. Setelah tahap pemurnian silikon selesai, silikon memasuki fase peleburan. Dari gambar di atas, kita bisa melihat bagaimana kristal yang berukuran besar muncul dari silikon yang dileburkan. Hasilnya adalah kristal tunggal yang disebut 'Ingot'.



Kristal tunggal 'Ingot' ini terbentuk dari 'electronic grade silicon'. Besar satu buah 'Ingot' kira-kira 100 Kilogram atau 220 pounds, dan memiliki tingkat kemurnian silikon hingga 99,9999 persen.



Setelah itu, 'Ingot' memasuki tahap pengirisan. 'Ingot' di iris tipis hingga menghasilkan 'silicon discs', yang disebut dengan 'Wafers'. Beberapa 'Ingot' dapat berdiri hingga 5 kaki. 'Ingot' juga memiliki ukuran diameter yang berbeda tergantung seberapa besar ukuran 'Wafers' yang diperlukan. CPU jaman sekarang biasanya membutuhkan 'Wafers' dengan ukuran 300 mm.



Setelah diiris, 'Wafers' dipoles hingga benar-benar mulus sempurna, permukaannya menjadi seperti cermin yang sangat-sangat halus. Kenyataannya, Intel tidak memproduksi sendiri 'Ingots' dan 'Wafers', melainkan Intel membelinya dari perusahaan 'third-party'. Processor Intel dengan teknologi 45nm, menggunakan 'Wafers' dengan ukuran 300mm (12 inch), sedangkan saat pertama kali Intel membuat Chip, Intel menggunakan 'Wafers' dengan ukuran 50mm (2 inch).



Cairan biru seperti yang terlihat pada gambar di atas, adalah 'Photo Resist' seperti yang digunakan pada 'Film' pada fotografi. 'Wafers' diputar dalam tahap ini supaya lapisannya dapat merata halus dan tipis.




Di dalam fase ini, 'Photo Resist' disinari cahaya 'Ultra Violet'. Reaksi kimia yang terjadi dalam proses ini mirip dengan 'Film' kamera yang terjadi pada saat kita menekan shutter (Jepret!).

Daerah paling kuat atau tahan di 'Wafer' menjadi fleksibel dan rapuh akibat efek dari sinar 'Ultra Violet'. Pencahayaan menjadi berhasil dengan menggunakan pelindung yang berfungsi seperti stensil. Saat disinari sinar 'Ultra Violet', lapisan pelindung membuat pola sirkuit. Di dalam pembuatan Processor, sangat penting dan utama untuk mengulangi proses ini berulang-ulang hingga lapisan-lapisannya berada di atas lapisan bawahnya, begitu seterusnya.

Lensa di tengah berfungsi untuk mengecilkan cahaya menjadi sebuah fokus yang berukuran kecil.



Dari gambar di atas, kita dapat gambaran bagaimana jika satu buah 'Transistor' kita lihat dengan mata telanjang. Transistor berfungsi seperti saklar, mengendalikan aliran arus listrik di dalam 'Chip' komputer. Peneliti Intel telah mengembangkan transistor menjadi sangat kecil sehingga sekitar 30 juta 'Transistor' dapat menancap di ujung 'Pin'.



Setelah disinari sinar 'Ultra Violet', bidang 'Photo Resist' benar-benar hancur lebur. Gambar di atas menampakan pola 'Photo Resist' yang tercipta dari lapisan pelindung. Pola ini merupakan awal dari 'transistors', 'interconnects', dan hal yang berhubungan dengan listrik berawal dari sini.



Meskipun bidangnya hancur, lapisan 'Photo Resist' masih melindungi materiil 'Wafer' sehingga tidak akan tersketsa. Bagian yang tidak terlindungi akan disketsa dengan bahan kimia.



Setelah tersketsa, lapisan 'Photo Resist' diangkat dan bentuk yang diinginkan menjadi tampak.



'Photo Resist' kembali digunakan dan disinari dengan sinar 'Ultra Violet'. 'Photo Resist' yang tersinari kemudian dicuci dahulu sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, proses pencucian ini dinamakan 'Ion Doping', proses dimana partikel ion ditabrakan ke 'Wafer', sehingga sifat kimia silikon dirubah, agar CPU dapat mengkontrol arus listrik.



Melalui proses yang dinamakan 'Ion Implantation' (bagian dari proses Ion Doping) daerah silikon pada 'Wafers' ditembak oleh ion. Ion ditanamkan di silikon supaya merubah daya antar silikon dengan listrik. Ion didorong ke permukaan 'Wafer' dengan kecepatan tinggi. Medan listrik melajukan ion dengan kecepatan lebih dari 300,000 Km/jam (sekitar 185,000 mph)



Setelah ion ditanamkan, 'Photo Resist' diangkat, dan materiil yang bewarna hijau pada gambar sekarang sudah tertanam 'Alien Atoms'



Transistor ini sudah hampir selesai. Tiga lubang telah tersketsa di lapisan isolasi (warna ungu kemerahan) yang berada di atas transistor. Tiga lubang ini akan diisi dengan tembaga, yang berfungsi untuk menghubungkan transistor ini dengan transistor lain.




'Wafers' memasuki tahap 'copper sulphate solution' pada tingkat ini. Ion tembaga disimpan ke dalam transistor melalui proses yang dinamakan 'Electroplating'. Ion tembaga berjalan dari terminal positif (anode) menuju terminal negatif (cathode).



Ion tembaga telah menjadi lapisan tipis di permukaan 'Wafers'.



Materiil yang kelebihan dihaluskan, meninggalkan lapisan tembaga yang sangat tipis.



Nah udah mulai ribet. Banyak lapisan logam dibuat untuk saling menghubungkan bermacam-macam transistors. Bagaimana rangkaian hubungan ini disambungkan, itu ditentukan oleh teknik arsitektur dan desain tim yang mengembangkan kemampuan masing-masing processor. Dimana chip komputer terlihat sangat datar, sebenarnya memiliki lebih dari 20 lapisan untuk membuat sirkuit yang kompleks. Jika kamu melihat dengan kaca pembesar, kamu akan melihat jaringan bentuk sirkuit yang rumit, dan transistors yang terlihat futuristik, 'Multi-Layered Highway System'.



Ini hanya contoh super kecil dari 'Wafer' yang akan melalui tahap test kemampuan pertama. Di tahapan ini, sebuah pola test dikirimkan ke tiap-tiap chip, lalu respon dari chip akan dimonitor dan dibandingkan dengan 'The Right Answer'.



Setelah hasil test menunjukan bahwa 'Wafer' lulus, 'Wafer' dipotong menjadi sebuah bagian yang disebut 'Dies'. Coba juragan lihat, proses yang bener-bener ribet tadi ternyata hasilnya kecil doank. Pada gambar paling kiri itu ada 6 kelompok 'Wafer', pada gambar kanannya udah berapa 'Wafer' tuh !?!?



'Dies' yang lulus test, akan diikutkan ke tahap selanjutnya yaitu 'Packaging'. 'Dies' yang tidak lulus, dibuang dengan percumanya T_T. Ada hal yang lucu beberapa tahun lalu, Intel membuat kunci dari 'Dies' yang tidak lulus ini ^^. Ada EBAYnya lho, ayo juragan yang tertarik beli, soalnya tinggal 4..



Ini adalah gambar satu 'Die', yang tadinya dipotong pada proses sebelumnya. 'Die' pada gambar ini adalah 'Die' dari Intel Core i7 Processor.



Lapisan bawah, 'Die', dan 'Heatspreader' dipasang bersama untuk membentuk 'Processor'. Lapisan hijau yang bawah, digunakan untuk membentuk listrik dan 'Mechanical Interface' untuk Processor supaya dapat berinteraksi dengan sistem PC. 'Heatspreader' adalah 'Thermal Interface' dimana solusi pendinginan diterapkan, sehingga Processor dapat tetap dingin dalam beroperasi.



'Microprocessor' adalah produk terkompleks di dunia ini. Faktanya, untuk membuatnya memerlukan ratusan tahap dan yang kita uraikan sebelumnya hanyalah yang penting saja.



Selama tes terakhir untuk Processor, Processor di tes karakteristiknya, seperti penggunaan daya dan frekwensi maksimumnya.



Berdasarkan hasil test sebelumnya, Processor dikelompokan dengan Processor yang memiliki kemampuan sama. Proses ini dinamakan dengan 'Binning', 'Binning' ditentukan dari frekwensi maksimum Processor, kemudian tumpukan Processor dibagi dan dijual sesuai dengan spesifikasi stabilnya.



Prosessor yang sudah dikemas dan dites, pergi menuju pabrik (misalnya dipake Toshiba buat laptopnya) atau dijual eceran (misalnya di toko komputer)
»»  READMORE...

Random Posts

Entri Populer