Sabtu, 24 September 2011

7 Kota Besar Para Milyader

1. New York


Jumlah miliarder: 60
Milioner terkaya: Michael Bloomberg ($18 miliar)
Milioner lainnya: Ralph Lauren, Carl Icahn, Rupert Murdoch, Donald Trump, Mortimer Zuckerman

Kota ini memang bergelimang sosok miliarder yang bergerak di berbagai sektor bisnis. Seiring kondisi itu, kota ini juga berpredikat sebagai kota berbiaya hidup supermahal. Bayangkan saja, biaya potong rambut langganan selebriti Sally Hershberger saja mencapai $800, atau makan malam restoran mewah yang mencapai $550.

2. Moskow, Rusia


Jumlah miliarder: 50
Milioner terkaya: Vladimir Lisin ($15,8 miliar)
Milioner lainnya: Roman Abramovich, Alisher Usmanov, Oleg Deripaska

Jumlah milioner meningkat pesat jika dibandingkan pada 2002 hanya lima milioner. Kekayaan para bilioner mayoritas terbangun berkat permainan bisnis di sektor minyak dan logam. Jika dibandingkan dengan kota lain yang dihuni banyak milioner, Moskow tergolong kota dengan biaya hidup rendah.

3. London, Inggris


Jumlah miliarder: 32
Milioner terkaya: Lakshmi Mittal ($28,7 miliar)
Milioner lainnya: Richard Branson, Leonard Blavatnik, Alan Howard

Jumlah milioner di kota itu juga terus meningkat berkat sokongan nilai tukar poundsterling yang kuat dan stabil. Kondisi itu juga membuat kota ini dikenal memiliki biaya hidup yang supertinggi dibandingkan negara Eropa lainnya.

4. Istambul, Turki


Jumlah miliarder: 28
Milioner terkaya: Husnu Ozyegin ($3 miliar)
Milioner lainnya: Mehmet Emin Karamehmet, Sarik Tara, Ferit Sahenk

Kecantikan kota ini memang menjadi daya tarik wisatawan asing, sekaligus ladang bisnis kaum milioner. Namun, tak semua bergerak di sektor wisata. Banyak orang superkaya di sana yang mendalami bisnis di sektor teknologi telepon selular dan perbankan. Dengan taraf hidup tinggi, seorang pembantu rumah tangga di kota ini bisa mendapat imbalan jasa $50 per hari.

5. Los Angeles, California


Jumlah miliarder: 27
Milioner terkaya: Eli Broad ($5,7 miliar)
Milioner lainnya: Steven Spielberg, Sumner Redstone, Michael Milken, Ron Burkle

Melihat gemerlap kota ini, sebenarnya tak mengejutkan jika menampung sejumlah milioner. Banyak dari pengusaha superkaya itu menanggung untung dari industri hiburan seperti perfilman Hollywood. Bisnis otomotif dan pariwisata juga memegang peran penting.

6. Hong Kong


Jumlah miliarder: 25
Milioner terkaya: Li Ka-shing ($21 miliar)
Milioner lainnya: Lee Shau Kee, keluarga Kwok, Robert Kuok, Cheng Yu-tung

Kota bekas koloni Inggris ini menampung jumlah milioner terbanyak dibandingkan kota-kota besar lain di Asia. Milioner terkaya di kota itu menguasai ladang bisnis di sektor telekomunikasi.

7. Mumbai, India

Jumlah miliarder: 20
Milioner terkaya: Mukesh Ambani ($29 miliar)
Milioner lainnya: Anil Ambani, Shashi & Ravi Ruia, Kumar Birla, Pallonji Mistry

Kota ini menjadi pusat bisnis dan kebudayaan di India. Kota yang sempat dikenal dengan nama Bombay ini punya daya tarik tersendiri sebagai pusat industri film dan televisi yang dijuluki Bollywood. Sebagai pusat dagang, banyak kantor pusat perusahaan besar India bermarkas di kota ini.

»»  READMORE...

4 Fenomena Paling Aneh Dalam Dunia Kesehatan


1. Kematian Akibat Menari
http://www.uphaa.com/uploads/374/dance-of-death_CCLXIIIIv.jpg
Juli 1518, seorang wanita yang disebut bernama Frau Troffea berjalan di salah satu jalan sempit di Strasbourg, Prancis, dan mulai menarikan tarian yang berlangsung sekitar empat atau enam hari berturut-turut. Di akhir minggu, 34 orang ikut serta dengan tariannya, dan dalam sebulan, peserta tarian aneh bin ajaib ini mencapai 400 orang.
http://3.bp.blogspot.com/_0DYlyfX_COk/SPKB6lFsuQI/AAAAAAAAAeQ/ibTa7KPNC1c/s400/dancing-death-400x540.jpg
Para pejabat menyarankan untuk "menari lebih sering" untuk menyembuhkan para penari, tapi pada akhir musim panas, lusian orang di kota Alsatian meninggal karena serangan jantung, stroke, kelelahan karena tarian yang tidak berhenti sama sekali. Selama beberapa abad, kejadian aneh yang disebut sebagai wabah menari atau Epidemi 1518, sama sekali tidak dapat dijelaskan oleh berbagai ilmuwan mengenai apa yang menyebabkan terjadinya tarian kematian yang aneh dan ajaib ini.

2. Wabah Tawa Tanganyika
http://lh3.ggpht.com/abramsv/SGem8a2-EaI/AAAAAAAAUo0/zmH1x3aqe1I/s800/429693100_87de8f9c43_o.jpg
Mungkin kejadian paling aneh yang berhasil di dokumentasikan dalam penyakit psikogenik massal ini adalah Wabah Tawa Tanganyika pada 1962. Kejadian lengkap atas kondisi ini digambarkan dalam paper yang diterbitkan pada Central African Journal of Medicine yang diterbitkan pada 1963. Wabah ini dimulai dengan adanya becandaan antara para mahasiswa di salah satu asrama di Tanzania, dan dari hal itu, seorang remaja putri mulai tertawa tanpa kendali. Pertama hanya ada sedikit tawa, yang kemudian makin lama makin panjang, dari sekedar jam, sampai berhari-hari.
http://www.uphaa.com/uploads/374/art_of_laughter2.jpg
Korban wabah ini, yang hampir semuanya adalah wanita, akhirnya mengalami kesakitan, pingsan, masalah pernapasan, gatal-gatal dan bahkan menangis, yang semuanya muncul akibat tawa histeris. Bahkan wabah tawa ini menular ke orang tua para mahasiswa, juga sampai ke sekolah lain dan bahkan ke desa sekitarnya. Dibutuhkan waktu 18 bulan lamanya sebelum wabah tertawa ini berhenti total.

3. Hujan Binatang
http://4.bp.blogspot.com/_g4UKuNhHmks/SgaCvN1zbyI/AAAAAAAAAbU/SHT1ENy2Cyo/s320/if8xex.jpg2.jpg
Kejadian unik ini mungkin adalah kejadian paling banyak ditemui di dunia. Hujan burung, kelelawar, ikan, bahkan cacing dan berudu sudah dilaporkan dari beberapa penjuru dunia. Para ilmuwan melaporkan bahwa kemungkinan besar ada badai dengan kecepatan tinggi dan angin puting beliung yang melewati air, dan menyedot hewan ini, kemudian dijatuhkan di tempat yang jauh.
http://tymask.files.wordpress.com/2008/06/rainingfrogshr1.jpg
Hampir selama satu abad ini, para penduduk Honduras selama hampir sabad ini merayakan apa yang disebut Lluvia de Peces (Hujan Ikan) setiap tahunnya. Ikan ini dipercaya disedot dari laut dan dijatuhkan 140 mil ke daratan atau mungkin ikan tersebut disedot dari semacam sumber air bawah tahan.

4. Sungai Paling Terpolusi di India tiba-tiba menjadi 'manis'
http://graphics8.nytimes.com/images/2009/07/14/world/14mumbai_600.jpg
2006, Air laut yang masuk ke Mumbai, tiba-tiba berubah rasa menjadi manis, dan fenomena ini di'temukan' oleh beberapa penduduku Mumbai yang tiba-tiba merasakan air di Sungai Mahim Creek, salah satu sungai paling terpolusi di India, yang menerima ribuan ton limbah mentah dan limbah industri setiap hari-nya tiba-tiba menjadi manis. Selama beberapa jam, penduduk Gujarat mengatakan bahwa air laut di pantai Teethal juga berubah manis.
http://www.zubinpastakia.com/images/projects/BuiltLandscape/Pictures/MithiRiver.jpg
Dewan Pengendali Polusi Maharashtra (The Maharashtra Pollution Control Board) telah mengeluarkan peringatan agar tidak ada penduduk yang meninum air yang ada, tapi tetap saja banyak orang mengumpulkan air tersebut dalam botol-botol, walaupun banyak sampah dan plastik yang ikut terhanyut dalam arus yang ada. Sekitar jam 2 pagi keesokan harinya, para penduduk yang berjaga mulai mengakui bahwa air yang tadinya manis berubah asin kembali.
»»  READMORE...

Fakta Unik Seputar Pizza



1.Pizza berasal dari Napoli, Italia.


2. Pizza pertama hanya adonan saus tomat - keju tidak

3.Antica Pizzeria merupakan restoran pizza pertama di dunia. Dibuka di Naples, Italia pada tahun 1738.

4.Sampai dengan tahun 1889 tidak ada tambahan topping lain untuk pizza di Italia, tapi keju pertama kali ditambahkan ketika koki pizza terkenal Raffaele Esposito membuat pizza untuk Ratu Margherita menggunakan tomat, kemangi, dan keju untuk mewakili warna bendera Italia. Saat ini, pizza margherita sederhana tetap menjadi salah satu pizza yang paling populer di dunia.

5.Restoran pizza Amerika pertama dibuka di New York City pada tahun 1905.


6.Pizza terbesar yang pernah dibuat adalah di Norwood Hypermarket di Afrika Selatan. Lebarnya 122 kaki 8 inci, ditimbang dengan berat 26.883 pon, 3.968 pon berisi keju, dan saus 1984 pon.

7.Diperkirakan bahwa sekitar tiga miliar pizza yang dijual di Amerika Serikat setiap tahun.

8.Pepperoni adalah topping pizza yang paling populer di Amerika Serikat.

9.Tiga titik di logo Domino's Pizza mewakili tiga toko pertama Domino's Pizza.


10.Pizza paling banyak dipesan (dan dimakan) pada Hari Tahun Baru, Malam Tahun Baru, Halloween, Thanksgiving Eve, dan Super Bowl hari Minggu.

11.Sekitar 350 potong pizza dikonsumsi setiap detik di Amerika Serikat.

12.Sekitar 93% orang Amerika makan setidaknya satu pizza setiap bulannya.
»»  READMORE...

Ragam Model Lensa Kontak Yang Unik dan Lucu

Selain karena permintaannya yang kian banyak, selain jenis lensa kontak berwarna, matakucing dan memberikan efek mata besar, ternyata masih ada berbagai jenis lensa kontak lainnya yang terbilang aneh dan menyeramkan. Seperti apa ?
Lensa kontak 'sirkuit bercahaya'

Lensa kontak unik lainnya diciptakan oleh ilmuwan dari University of Washington yakni sebuah lensa kontak yang digambar seperti sirkuit dan bercahaya. Para ilmuwan tersebut menggunakan teknik manufaktur skala mikroskopis untuk membuat lensa dan memiliki tenaga elektronik untuk membuatnya bercahaya seperti lampu.

Lensa kontak merah

Lensa kontak ini membuat bola mata Anda berwarna merah seperti berdarah. Bukan untuk sekadar gaya atau menakut-nakuti orang lain, lensa kontak yang dirilis oleh Nike MaxSight itu ternyata memiliki fungsi tersendiri. Lensa kontak yang dikhususkan untuk olahraga ini dirancang bagi pengendara sepeda, mengurangi silau sinar matahari.

Lensa kontak 'berlian'

Lensa kontak yang membuat mata berbinar ini berhiaskan 18 buah berlian yang disusun melingkar. Pencipta lensa kontak unik ini adalah dr. Chandrashekhar Chawan, seorang ahli mata dari India.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemakai lensa kontak, Chandrashekhar menggunakan lensa khusus yang bisa mengobati sakit mata dan dapat melindungi kornea dari iritasi. Lensa kontak mewah ini dijual seharga US$ 15 ribu atau sekitar Rp 128 juta dan hanya dirilis 3.900 buah.

Lensa kontak naga

Lensa kontak yang satu ini berwarna hijau neon yang tampak seperti sisik naga atau kadal rakasasa. di lingkaran dalam berbentuk seperti mata kucing berawarna hitam dengan garis-garis urat berwarna oranye. Lensa kontak unik ini dijual seharga US$ 220 atau sekitar Rp 1,8 juta.[segalainfoku.blogspot.com]
»»  READMORE...

10 Pintu Hati Manusia yang Mudah Untuk Dimasuki Syetan

Pintu-pintu hati manusia tidak bisa selalu terjaga dari hal yang buruk, kecuali jika orang  tersebut mengetahui pintu - pintu tadi dan menutupnya. Beragam cara setan untuk masuk ke alam pintu - pintu dari hati tadi adalah dari sifat seorang hamba dan jumlahnya sangatlah banyak. Berikut  beberapa pintu hati yang harusnya selalu terjaga dan selalu kita tutup dan semoga Allah memberikan kita pemahaman dalam hal ini.
Pintu pertama:
Ini adalah pintu terbesar yang akan dimasuki setan yaitu hasad (dengki) dan tamak. Jika seseorang begitu tamak pada sesuatu, ketamakan tersebut akan membutakan, membuat tuli dan menggelapkan cahaya kebenaran, sehingga orang seperti ini tidak lagi mengenal jalan masuknya setan. Begitu pula jika seseorang memiliki sifat hasad, setan akan menghias-hiasi sesuatu seolah-olah menjadi baik sehingga disukai oleh syahwat padahal hal tersebut adalah sesuatu yang mungkar.

Pintu kedua:
Ini juga adalah pintu terbesar yaitu marah. Ketahuilah, marah dapat merusak akal. Jika akal lemah, pada saat ini tentara setan akan melakukan serangan dan mereka akan menertawakan manusia. Jika kondisi kita seperti ini, minta perlindunganlah pada Allah.

Pintu ketiga:
Yaitu sangat suka menghias-hiasi tempat tinggal, pakaian dan segala perabot yang ada. Orang seperti ini sungguh akan sangat merugi karena umurnya hanya dihabiskan untuk tujuan ini.

Pintu keempat:

Yaitu kenyang karena telah menyantap banyak makanan. Keadaan seperti ini akan menguatkan syahwat dan melemahkan untuk melakukan ketaatan pada Allah. Kerugian lainnya akan dia dapatkan di akhirat.

Pintu kelima:

Yaitu tamak pada orang lain. Jika seseorang memiliki sifat seperti ini, maka dia akan berlebih-lebihan memuji orang tersebut padahal orang itu tidak memiliki sifat seperti yang ada pada pujiannya. Akhirnya, dia akan mencari muka di hadapannya, tidak mau memerintahkan orang yang disanjung tadi pada kebajikan dan tidak mau melarangnya dari kemungkaran.

Pinta keenam:

Yaitu sifat selalu tergesa-gesa dan tidak mau bersabar untuk perlahan-lahan. Padahal terdapat sebuah hadits dari Anas, di mana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Sifat perlahan-lahan (sabar) berasal dari Allah. Sedangkan sifat ingin tergesa-gesa itu berasal dari setan." (Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Ya'la dalam musnadnya dan Baihaqi dalam Sunanul Qubro. Syaikh Al Albani dalam Al Jami' Ash Shoghir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Pintu ketujuh:
Yaitu cinta harta. Sifat seperti ini akan membuat berusaha mencari harta bagaimana pun caranya. Sifat ini akan membuat seseorang menjadi bakhil (kikir), takut miskin dan tidak mau melakukan kewajiban yang berkaitan dengan harta.

Pintu kedelapan:
Yaitu mengajak orang awam supaya ta'ashub (fanatik) pada madzhab atau golongan tertentu, tidak mau beramal selain dari yang diajarkan dalam madzhab atau golongannya.

Pintu kesembilan:
Yaitu mengajak orang awam untuk memikirkan hakekat (kaifiyah) dzat dan sifat Allah yang sulit digapai oleh akal mereka sehingga membuat mereka menjadi ragu dalam masalah paling urgen dalam agama ini yaitu masalah aqidah.

Pintu kesepuluh:
Yaitu selalu berburuk sangka terhadap muslim lainnya. Jika seseorang selalu berburuk sangka (bersu'uzhon) pada muslim lainnya, pasti dia akan selalu merendahkannya dan selalu merasa lebih baik darinya. Seharusnya seorang mukmin selalu mencari udzur dari saudaranya. Berbeda dengan orang munafik yang selalu mencari-cari 'aib orang lain.

Semoga kita dapat menjaga pintu hati kita  dan semoga kita diberi taufik oleh Allah untuk menjauhinya. Amien. . .
»»  READMORE...

Bayi Aneh Berkulit Putih dari Pasangan Orang Tua Keturunan Kulit Hitam Afrika


Francis Tshibangu (28) dan Arlette (25) merupakan orangtua dari dua orang putra, Seth (2) dan Daniel (11 minggu).
Seth, anak pertama mereka lahir dengan warna kulit serupa dengan ayah dan ibunya. Namun, Daniel, putra keduanya, lahir dengan warna kulit yang sangat berbeda. Daniel memiliki kulit warna putih, rambut berwarna pirang dan tidak albino.

"Awalnya saya sungguh terkejut melihat Daniel, dan saya langsung berkata, "Wow, benarkah dia anakku?" ujar Tshibangu pada Dailymail, Senin (16/5/2011).

Tshibangu dan Arlette menikah tiga tahun yang lalu. Tshibangu percaya bahwa Arlette tidak pernah berselingkuh.

"Selama tiga tahun ini kami selalu bersama dan hubungan kami baik. Saya percaya dengan istri saya, bahwa ia tak mungkin selingkuh dengan pria berkulit putih. Kalau ia selingkuh, Daniel akan memiliki perpaduan ras hitam dan putih dengan rambut berwarna hitam dan kulit berwarna putih. Bukan rambut pirang seperti yang ia miliki," imbuhnya.

Tshibangu tidak peduli dengan apa yang ada dipikiran masyarakat akan kehadiran Daniel.

"Dokter-dokter yang membantu persalinan pun kaget, bagaimana bisa bayi ini milik saya. Mereka saling berpandangan dan merasa heran. Saya dan istri saya pun begitu. Namun ketika saya lihat lagi dan mencium kening bayi yang dilahirkan istri saya, saya yakin bahwa ia anak saya. Dia memiliki hidung seperti saya dan bibir seperti istri saya," jelasnya.

Arlette mengaku, bahwa ibu dari neneknya merupakan perempuan berkulit putih dan Daniel membawa gen tersebut walaupun merupakan generasi keenam.

"Bagi saya memiliki Daniel adalah keajaiban. Tidak penting apa warna kulitnya. Yang terpenting bagi kami adalah memiliki bayi laki-laki yang sehat dan kami sangat mencintainya," ujar Arlette.
»»  READMORE...

Foto Syahrini Ketika SMA Tersebar di Internet (Foto Jadul Sahrini)

Beberapa lalu di beberapa infotainment menayangkan berita mengenai foto si artis Syahrini ketika SMA. Namun, jika sebelum-sebelumnya yang bikin heboh adalah foto Syahrini dalam pose yang panas, namun sekarang foto yang beredar adalah foto jadul Syahrini. Foto tersebut diambil ketika awal masuk SMA kelas 1.
Berikut ini Foto Syahrini Saat SMA yang sempat membuat heboh dunia infotainment maupun jejaring sosial seperti Twitter =

Mantan penyanyi duet Anang tersebut ketika dikonfirmasi salah satu wartawan televisi menjawab dengan enteng perihal foto tersebut. "Nggak ada yang berubah, mungkin dulu masih gemuk dan sekarang udah begini. Orang kan bermetamorfosis. Itu kan dari kelas 3 smp ke kelas 1 sma, jadi kelihatan banget perubahannya.", ujar pelantun lagu Kau Yang Memilih Aku tersebut.
Itulah tadi Foto Syahrini Ketika SMA, gimana menurut pendapat Anda, apakah jauh berbeda dengan Syahrini yang sekarang? hehe. Secara, artis kan banyak juga perawatannya, duit juga banyak, ya ga salah lah kalau penampilan juga bisa dipermak, hoho :D . Selain dari informasi mengenai foto Syahrini tersebut, Anda juga dapat melihat berbagai informasi dan berita menarik lainnya, tentunya hanya di LINTAS TERBARU.
»»  READMORE...

Penemuan Tekhnologi Jaket Khusus, Untuk Pria yang Ingin Merasakan Kehamilan

Peneliti berhasil menciptakan jaket yang diklaim mampu meniru bagaimana rasanya memiliki bayi di dalam tubuh. Jaket 'Mummy Tummy' ini meniru efek penambahan berat badan selama sembilan bulan di sekitar perut dan dada seperti ditulis Dailymail.

Bahkan, jaket ini mampu meniru sensasi bayi menendang dan orang yang mengenakan jaket ini bisa menenangkannya dengan mengelus perutnya. Namun jaket yang tampak seperti jaket tentara ini tak bisa meniru perasaan mual, ngidam atau melahirkan itu sendiri.

Tim riset dari Kanagawa Institute of  Technology (KAIT) di Atsugi, Jepang, mengatakan, jaket ini paling mendekati kenyataan. Selama pengujian, kepala peneliti Takayuki Kosaka menemukan, 80% ibu mengatakan jaket ini sesuai seperti saat hamil.

Meski masih dalam tahap prototip, Kosaka berharap jaket ini bisa segera diedarkan di rumah sakit untuk mendorong pria lebih bersimpati pada pasangannya.
»»  READMORE...

8 Aturan dan Kode Etik Para Prajurit Samurai di Jepang

1. Gi (義 – Integritas) / Menjaga Kejujuran.


"Seorang ksatria harus paham betul tentang yang benar dan yang salah, dan berusaha keras melakukan yang benar dan menghindari yang salah. Dengan cara itulah bushido biasa hidup."

Seorang Samurai senantiasa mempertahankan etika, moralitas, dan kebenaran. Integritas merupakan nilai Bushido yang paling utama. Kata integritas mengandung arti jujur dan utuh.

Keutuhan yang dimaksud adalah keutuhan dari seluruh aspek kehidupan, terutama antara pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Nilai ini sangat dijunjung tinggi dalam falsafah bushido, dan merupakan dasar bagi insan manusia untuk lebih mengerti tentang moral dan etika.



2. Yū (勇 – Keberanian) / Berani dalam menghadapi kesulitan.


"Pastikan kau menempa diri dengan latihan seribu hari, dan mengasah diri dengan latihan selama ribuan hari". (Miyamoto Musashi)

Keberanian merupakan sebuah karakter dan sikap untuk bertahan demi prinsip kebenaran yang dipercayai meski mendapat berbagai tekanan dan kesulitan.

Keberanian juga merupakan ciri para samurai, mereka siap dengan risiko apapun termasuk mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan keyakinan.

Keberanian mereka tercermin dalam prinsipnya yang menganggap hidupnya tidak lebih berharga dari sebuah bulu. Namun demikian, keberanian samurai tidak membabibuta, melainkan dilandasi latihan yang keras dan penuh disiplin.



3. Jin (仁 – Kemurahan hati) / Memiliki sifat kasih sayang.


"Jadilah yang pertama dalam memaafkan."(Toyotomi Hideyoshi)

Bushido memiliki aspek keseimbangan antara maskulin (yin) dan feminin (yang). Jin mewakili sifat feminin yaitu mencintai. Meski berlatih ilmu pedang dan strategi berperang, para samurai harus memiliki sifat mencintai sesama, kasih sayang, dan peduli.

Kasih sayang dan kepedulian tidak hanya ditujukan pada atasan dan pimpinan namun pada kemanusiaan.

Sikap ini harus tetap ditunjukan baik di siang hari yang terang benderang, maupun di kegelapan malam. Kemurahan hati juga ditunjukkan dalam hal memaafkan.



4. Rei (礼 – Menghormati)  / Hormat kepada orang lain.


"Apakah kau sedang berjalan, berdiri diam, sedang duduk, atau sedang bersandar, di dalam perilaku dan sikapmu lah kau membawa diri dengan cara yang benar-benar mencerminkan prajurit sejati. (Kode Etik Samurai)

Seorang Samurai tidak pernah bersikap kasar dan ceroboh, namun senantiasa menggunakan kode etiknya secara sempurna sepanjang waktu.

Sikap santun dan hormat tidak saja ditujukan pada pimpinan dan orang tua, namun kepada tamu atau siap pun yang ditemui. Sikap santun meliputi cara duduk, berbicara, bahkan dalam memperlakukan benda ataupun senjata.



5. Makoto atau (信 – Shin Kejujuran) dan tulus-ikhlas / Bersikap Tulus dan Ikhlas.


"Samurai mengatakan apa yang mereka maksudkan, dan melakukan apa yang mereka katakan. Mereka membuat janji dan berani menepatinya." (Toyotomi Hideyoshi)
"Perkataan seorang samurai lebih kuat daripada besi." (Kode Etik Samurai)

Seorang Samurai senantiasa bersikap Jujur dan Tulus mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran.

Para ksatria harus menjaga ucapannya dan selalu waspada tidak menggunjing, bahkan saat melihat atau mendengar hal-hal buruk tentang kolega.



6. Meiyo (名誉 – Kehormatan) / Menjaga kehormatan diri.


"Jika kau di depan publik, meski tidak bertugas, kau tidak boleh sembarangan bersantai. Lebih baik kau membaca, berlatih kaligrafi, mengkaji sejarah, atau tatakrama keprajuritan." (Kode Etik Samurai)

Bagi samurai cara menjaga kehormatan adalah dengan menjalankan kode bushido secara konsisten sepanjang waktu dan tidak menggunakan jalan pintas yang melanggar moralitas.

Seorang samurai memiliki harga diri yang tinggi, yang mereka jaga dengan cara perilaku terhormat. Salah satu cara mereka menjaga kehormatan adalah tidak menyia-nyiakan waktu dan menghindari perilaku yang tidak berguna.



7. Chūgo (忠義 – Loyal) / Menjaga Kesetiaan kepada satu pimpinan dan guru.


"Seorang ksatria mempersembahkan seluruh hidupnya untuk melakukan pelayanan tugas." (Kode Etik Samurai)

Kesetiaan ditunjukkan dengan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Kesetiaan seorang ksatria tidak saja saat pimpinannya dalam keadaan sukses dan berkembang.

Bahkan dalam keadaaan sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, pimpinan mengalami banyak beban permasalahan, seorang ksatria tetap setia pada pimpinannya dan tidak meninggalkannya. Puncak kehormatan seorang samurai adalah mati dalam menjalankan tugas dan perjuangan.



8. Tei (悌 – Menghormati Orang Tua)  / Menghormati orang tua dan rendah hati.


"Tak peduli seberapa banyak kau menanamkan loyalitas dan kewajiban keluarga di dalam hati, tanpa prilaku baik untuk mengekspresikan rasa hormat dan peduli pada pimpinan dan orang tua, maka kau tak bisa dikatakan sudah menghargai cara hidup samurai. (Kode Samurai)."

Samurai sangat menghormati dan peduli pada orang yang lebih tua baik orang tua sendiri, pimpinan, maupun para leluhurnya.

Mereka harus memahami silsilah keluarga juga asal-usulnya. Mereka fokus melayani dan tidak memikirkan jiwa dan raganya pribadi.
»»  READMORE...

Random Posts

Entri Populer